Jumat, 05 Agustus 2016

EVALUASI DESAIN DAN PERLENGKAPAN JALAN PENUNJANG ZONA AMAN SEKOLAH (ZoSS) DI JALAN MANDUREJO KAJEN


Diterapkannya ZoSS sebagai salah satu rekayasa lalu lintas untuk menanggulangi kecelakaan terhadap penyeberang jalan di kawasan sekolah merupakan wujud dari tanggung jawab pemerintah guna menurunkan angka kecelakaan terhadap anak – anak. Zona ini juga dilengkapi dengan bangunan pendukung dan fasilitas pelengkap yang dapat digunakan mengatur kecepatan kendaraan yang dapat membuat pengguna kendaraan bermotor menurunkan kecepatan dan lebih berhati – hati ketika hendak melewati zona ini.
Ruas jalan Mandurejo Kajen yang merupakan tipe jalan 2/2 UD dengan arus lalulintasnya tidak padat sehingga membuat para pengendara kendaraan bermotor  cenderung melaju dengan kecepatan tinggi. Keberadaan ZoSS di SD Tanjung Sari 1 di jalan ini kurang begitu efektif karena kecepatan rata – rata pengendara yang tinggi dan tidak mematuhi batas kecepatan, selain itu adanya rambu dan jumlah rumble strip yang minim tidak bisa membuat pengendara kendaraan menurunkan kecepatannya. Keberadaan ZoSS di jalan ini malah membahayakan bagi pengendara kendaraan bermotor karena pada saat kondisi jalan licin, banyak kendaraan yang tergelincir ketika melewati material ZoSS yang berwarna merah. Pemerintah sering mendapat komplain dari masyarakat karena banyak kasus kendaraan tergelincir di kawasan ZoSS ini. Oleh karena itu pemerintah tidak melakukan anggaran perbaikan infrastruktur jalan untuk memperbarui ZoSS meski kondisinya sekarang sudah pudar dan tidak berwarna merah lagi.

jika dilihat dari kondisi eksisting perlengkapan jalan, ditemukan rambu yang tidak sesuai mengenai batas kecepatan maksimum, selain itu kurang efektifnya prasarana untuk mengurangi kecepatan (traffic calming) membuat kendaraan yang melintasi area tersebut berkecepatan tinggi.
dengan kondisi ini pasti akanmembahayakan. oleh karena itu berikut ini adalah rekomendasi untuk meredesain ZoSS di depan SD Tanjungsari Kajen, agar aman bagi kendaraan ketika jalan licin .

Kondisi eksisting

desain ZoSS lama yang mempunyai karpet merah panjang membentang memang sangat berbahaya ketika kondisi jalan licin karena bisa mengakibatkan kendaraan tergelincir. oleh karena itu penulis me redesain ZoSS yang lebih berkeselamatan.

desain rekomendasi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar